Ticker

6/recent/ticker-posts

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Kolaborasi Sharing dan Direct Instruction Islam Pada Masa Kejayaaan

Chayatiningsih, S.Ag.

Siswa setingkat SMA harus sudah menguasai materi Islam pada masa kejayaan, dan mengaplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik. Namun dalam pengalaman nyata guru dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti, pada siswa Kelas  XI BAHASA SMA Negeri 5 Purworejo tahun pelajaran  2020/2021  ketika pembelajaran pada materi Islam pada masa kejayaan, menemukan berbagai permasalahan.

Permasalahan-permasalah tersebut yaitu: 1) Aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar masih kurang aktif, ini dilihat dari sedikitnya peserta didik yang bertanya atau menjawab pertanyaan guru pada saat tahap umpan balik, 2) Peserta didik kurang memahami materi Islam pada masa kejayaan dalam arti sebenarnya dan bagaimana penerapan dalam kehidupan sehari-hari, 3) Peserta didik kurang  dalam memahami aplikasi materi Islam pada masa kejayaan dalam kehidupan sehari-hari, hal ini dapat dilihat dari angket dari peserta didik, 4) Hasil tes formatif yang diperoleh peserta didik 67% yang mencapai ketuntasan belajar, jadi masih ada 33% yang belum tuntas untuk pokok bahasan tersebut.

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut peneliti menggunakan Kolaborasi Model pembelajaran Sharing dan Direct Instruction (Pembelajaran langsung) Berbantuan Audio Visual. Model pembelajaran sharing adalah salah satu model pembelajaran kooperatif,  model pembelajaran ini efektif untuk mengubah pola diskursus di  dalam kelas. Cara ini dapat memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berfikir, menjawab dan saling membantu satu sama lain. Sedangkan model pembelajaran langsung adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membantu peserta didik mempelajari ketrampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarakan selangkah demi selangkah.

Masalah dalam penelitian ini: Apakah Penerapan Model Pembelajaran kolaborasi Sharing Direct Instruction Berbantuan Audio Visual ( VCD ), dalam materi Islam pada masa kejayaan dapat meningkatkan aktifitas Peserta Didik ? Apakah Penerapan Model Pembelajaran Sharing dan Direct Instruction dapat meningaktkan Hasil Belajar Peserta Didik ?

Fokus penelitian ini adalah keaktivan peserta didik dalam pembelajran, dan hasil hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan Penelitian Tindakan Kelas 3 siklus, tiap siklus melalui empat tahapan yaitu; perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dengan pengamatan, wawancara, angket dan tes.

Dari hasil penelitian pada siklus 1 rata-rata nilai peserta didik adalah 72 dengan ketuntasan belajar 50%. Pada siklus II  meningkat menjadi 76 dengan persentase ketuntasan belajar 83%. Pada siklus III meningkat lagi menjadi 75 dengan persentase ketuntasan belajar  mencapai 100%.

Kata Kunci      : Sharing, Direct Instruction (Pembelajaran Langsung) Berbantuan  Audio Visual, Aktivitas, hasil belajar 

============================
============================

Posting Komentar

0 Komentar