Ticker

6/recent/ticker-posts

Bimtek Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK


Media pembelajaran sangat penting dalam dunia pendidikan terutama dalam proses belajar mengajar. Apalagi di masa pandemi sekarang ini peran media pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sangat terasa manfaatnya sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Akan tetapi masih banyak guru yang belum mampu menguasai pembuatan dan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK.

Menyadari hal tersebut di atas, Kelompok Kerja Guru atau lebih dikenal dengan KKG dan Pengurus Cabang PGRI Purwodadi menyelenggarakan Bimtek Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK. Kegiatan bimtek ini dilaksanakan pada tanggal 8 - 11 Februari 2021 dan 15 - 16 Februari 2021. Peserta berjumlah 60 orang guru SD di Wilcam Bidik Purwodadi. 

Pada hari pertama Bimtek Pembuatan Media Pembelajaran dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Bapak Sukmo Widi Harwanto, S.H.,M.M. Dalam sambutannya, beliau sangat mengapreasiasi kegiatan bimtek tersebut agar para guru mampu membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK untuk menunjang proses belajar mengajar, terlebih pada saat pandemi.

"Namun yang perlu diperhatikan, media pembelajaran bukan sebagai pengganti guru tetapi sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar agar lebih efektif," tutur Kadinas dalam sambutannya.

Dalam pembukaan tersebut hadir pula Ketua PGRI Kabupaten Purworejo, Korwilcambidik Purwodadi, dan Ketua PC PGRI Puwodadi. Kegiatan ini merupakan bagian dari tanggungjawab kegiatan SLCC PGRI Purworejo. Adapun instruktur dalam bimtek ini adalah Tim SLCC PGRI Purworejo, yang terdiri dari Ika Mery Widharningsih, S.Pd., Indah Puspita, M.Pd., dan Nita Widyanti, S.Pd.


Materi yang disampaikan dalam bimtek tersebut meliputi Video Pembelajaran dan Aplikasi Smart Apps Creator (SAC). Peserta diajarkan cara memproduksi video pembelajaran mulai dari mencari aset hingga proses pembuatan hingga menjadi video pembelajaran. Untuk Aplikasi SAC dimulai data instalasi SAC, mencari aset, hingga proses pengerjaannya. Meskipun dijadwalkan hingga sore hari, tapi peserta mengikuti dengan antusias dan semangat belajar luar biasa. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi penyelenggara dan para instruktur. Semoga kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan di seluruh wilcambidik di Kabupaten Purworejo, agar para guru dapat meningkat kualitas dan kompetensinya. (WNW*)



Posting Komentar

5 Komentar