Ticker

6/recent/ticker-posts

Lomba Kreativitas Guru dan Siswa Dalam Rangka HUT Ke 76 PGRI dan HGN Tahun 2021

           PGRI Kabupaten Purworejo Adakan Lomba Kreativitas Guru dan Siswa


            Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Ke 76 PGRI dan HGN Tahun 2021, PGRI Kabupaten Purworejo kembali adakan event lomba. Bertajuk Lomba Kreativitas Guru dan Siswa dalam Rangka HUT Ke 76 PGRI dan HGN Tahun 2021 ini terdiri dari tiga jenis lomba. Ketiga lomba tersebut adalah Lomba Vlog, Lomba Mendongeng, dan KarismaTIK. Kreativitas disini lebih kepada pengembangan TIK, dimana ketiga jenis lomba ini mensyaratkan untuk unggah karya berupa video. Ika Mery Widharningsih, S.Pd. selaku Kabid Pengembangan Karier PGRI Kabupaten Purworejo  menuturkan, “Adapun tujuan diselenggarakannya lomba ini untuk meningkatkan kreativitas guru dan siswa meskipun di masa pandemi dan sebagai wujud kegiatan nyata memperingati HUT Ke 76 PGRI dan HGN 2021.” “Kegiatan lomba ini juga untuk mengulang sukses acara puncak peringatan HUT PGRI dan HGN tahun lalu,” imbuhnya.

            Sesuai dengan tajuk, peserta lomba ini terdiri dari Guru Anggota PGRI Kabupaten Purworejo baik PNS maupun Non PNS yang ditunjukkan dengan kartu Anggota PGRI untuk lomba KarismaTIK dan siswa TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta di lingkup Kabupaten Purworejo untuk lomba vlog dan mendongeng. Setiap peserta lomba diwajibkan untuk mengikuti akun media sosial PGRI Kabupaten Purworejo, yang terdiri dari Facebook (Slcc Pgri Purworejo), Instagram (slcc.pgri.purworejo), Youtube (PGRI Purworejo), dan Blog (slccpgripurworejo.org).

            Lomba video blog (vlog) anak bertema “SELAMI – Sekolah Selama Pandemi”. Video berisi tentang aktivitas belajar siswa selama pandemi, curahan hati (curhat, strugle, dan lain-lain) siswa selama pembelajaran daring, persiapan siswa menghadapi PTM, atau kerinduan akan sekolah normal. Video tidak mengandung SARA, pornografi, dan tidak melanggar aturan hukum/aturan yang berlaku, serta tidak terdapat atribut politik apapun. Setiap PC wajib mengirimkan minimal 2 peserta (boleh TK, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK). Untuk ketentuan dan petunjuk teknis lomba vlog lainnya secara lengkap dapat diakses di https://www.pgri-pwr.web.id/2021/10/lomba-vlog.html.





            Untuk lomba mendongeng mengusung tema Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Purworejo. Adapun materi lomba bersumber dari cerita rakyat bermuatan kearifan lokal Kabupaten Purworejo yang mengandung nilai perjuangan, kepahlawanan, atau legenda (bukan tokoh binatang/fabel) yang membangun pendidikan karakter bangsa serta tidak mengandung unsur yang menyinggung suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Peserta adalah siswa TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA baik negeri maupunswasta di lingkup Kabupaten Purworejo yang merupakan peserta tunggal bukan tim. Peserta mengirim 1 (satu) naskah dongeng yang akan dibawakan dan hanya boleh mengirim 1 (satu) karya video penampilan mendongeng sesuai tema. Setiap PC dan Cabsus wajib mengirimkan minimal 1 (satu) peserta pada tiap kategori/jenjang lomba. Untuk ketentuan dan petunjuk teknis lomba mendongeng lainnya secara lengkap dapat diakses di https://www.pgri-pwr.web.id/2021/10/lomba-mendongeng.html.



            Untuk lomba video pembelajaran KarismaTIK, karya video pembelajarannya berupa sumber/media belajar yang diimplementasikan pada pembelajaran di masa pandemic covid-19. Peserta jenis lomba ini adalah guru Anggota PGRI Kabupaten Purworejo baik PNS maupun Non PNS yang ditunjukkan dengan kartu Anggota PGRI dan hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya dan dokumen pendukung video. Video pembelajaran merupakan karya mandiri bukan kelompok/tim. Lomba dibagi menjadi 4 Kategori yaitu Jenjang PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK/SLB/MA. Setiap PC dan Cabsus wajib mengirimkan minimal 1 peserta pada tiap kategori lomba. Untuk ketentuan dan petunjuk teknis lomba KarismaTIK lainnya secara lengkap dapat diakses di https://www.pgri-pwr.web.id/2021/10/lomba-karismatik.html.



            Pendaftaran peserta untuk semua jenis lomba dimulai tanggal 25 Oktober s.d. 10 November 2021. Sedangkan untuk unggah karya maksimal tanggal 13 November 2021 pukul 23.59 WIB. Selanjutnya, setiap karya akan dinilai dan diseleksi sesuai timeline masing-masing lomba. Dalam sosialisasi lomba pada Kamis, 21 Oktober 2021 Ika Mery mengatakan untuk setiap jenis lomba akan diambil kejuaraan yaitu juara 1-3, juara harapan 1-3, dan favorit 1-3. “Juara favorit diambil dari banyaknya like pada karya yang diunggah di laman Youtube PGRI Purworejo. Jadi, besar harapan kami banyak guru dan siswa di wilayah Purworejo yang berpartisipasi dalam ajang lomba ini,” tutur Ika Mery menutup sosialisasi. (WNW)

Posting Komentar

0 Komentar