Ticker

6/recent/ticker-posts

 

PERMAINAN TRADISIONAL  VS GAME ONLINE

Oleh: Sylvia Anggraeni




            Dolanan atau permainan tradisional semakin dilupakan oleh anak bangsa zaman sekarang. Mereka lebih tertarik dengan permainan modern seperti game online yang menggunakan jaringan dan teknologi canggih untuk memainkannya. Bahkan, mereka rela mengorbankan waktu beraktivitas mereka untuk berlama-lama bermain game online. Permainan modern ini semakin menjamur di kalangan anak terutama anak usia di bawah 17 tahun. Terbukti dengan semakin ramainya warnet penyedia game online yang dipenuhi oleh anak pecinta permainan modern ini. Selain itu, orang tua jaman sekarang juga menfasilitasi anaknya dengan alat elektronik. Akibatnya, minat anak terhadap permainan tadisional pun  semakin rendah.

            Sebenarnya dolanan memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak. Salah satunya adalah melatih kelincahan gerak anak, karena banyak menggunakan aktivitas fisik seperti berjalan dan berlari. Selain itu, dolanan juga dapat melatih anak untuk bersosialisasi. Dengan dolanan, anak terbiasa melakukan kerjasama dengan teman sepermainannya. Berbeda dengan permainan game online yang sekarang ini sedang digandrungi oleh anak-anak di negara Indonesia. Permainan ini sejatinya memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan permainan tradisional.

            Game online biasa dimainkan anak menggunakan alat elektronik seperti laptop, dan handphone. Mereka hanya duduk dan memandang alat elektronik selama berjam-jam. Tentunya, permainan ini tidak menggunakan aktivitas fisik seperti berlari maupun berjalan. Akibatnya, anak tidak terbiasa bergerak dan dapat menghambat pertumbuhan fisiknya. Hal negatif lainnya yang dapat terjadi adalah kerusakan pada mata karena radiasi alat elektronik. Selain itu, permainan ini juga tidak melatih anak untuk bersosialisasi karena tanpa ada teman pun permainan ini bisa dimainkan. Nantinya, anak tersebut akan menjadi pribadi yang individualis dan sulit bekerjasama dengan orang lain. Untuk itu, perlu upaya untuk menanggulanginya.

            Salah satu cara yang tepat untuk menghandle kecanduan anak akan game online yaitu dengan membiasakan anak memainkan permainan tradisional. Berbagai pihak hendaknya ikut berperan untuk menjauhkan anak dari game online. Orang tua jangan terlalu memanjakan anak dengan alat elektronik. Biarkanlah anak bermain secara alami di lingkungan sekitar bersama teman sebayanya. Guru juga berperan untuk mengawasi permainan anak di sekolah. Jangan sampai anak membawa alat elektronik ke sekolah dan mengajak temannya untuk bermain game online. Biasakan anak untuk selalu memainkan permainan tradisional di sekolah. Selain itu, pihak pemerintah juga harus melakukan sosialisasi permainan tradisional secara berkala, agar masyarakat semakin mengerti akan manfaat dari dolanan. Tentunya usaha ini tidak akan berhasil tanpa bantuan dari berbagai pihak.

 

SYLVIA ANGGRAENI

Guru SDN Kalirejo Kecamatan Grabag

                                                           

 

Posting Komentar

0 Komentar