Ticker

6/recent/ticker-posts

Implementasi Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPA


Implementasi Model Project based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran IPA

Gigih Nugroho, S.Pd. 

Sekolah Dasar Negeri 1 Jenarwetan 

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga 

Kabupaten Purworejo 

gigihnugroho22@gmail.com 

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA  melalui model project based learning di SDN 1 Jenarwetan. Tindakan penelitian ini  mengarahkan siswa untuk aktif melakukan aktivitas yang ada dalam kegiatan pembelajan,  seperti bekerja sama, tanya jawab, melakukan percobaan, membuat laporan, presentasi dan  saling memberikan tanggapan.  

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan  model yang dikembanggkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah kelas  V SD Negeri 1 Jenarwetan semester genap Tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini  dilakukan melalui 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Prosedur penelitian  tindakan kelas mengacu pada metodologi action research yaitu, perencanaan, pelaksanaan  tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini  menggunakan observasi, angket dan dokumentasi.  

Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran  mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari persentase keaktifan siswa siklus I yaitu  68% termasuk dalam kategori cukup aktif, dibandingkan pada pra siklus persentase keaktifan siswa 49% termasuk dalam kriteria kurang aktifPenelitian berlanjut pada siklus II dengan  rata-rata keaktifan siswa 79% kategori siswa aktif. Setelah tindakan siklus II ini maka  diketahui bahwa kriteria keberhasilan sudah dapat tercapai. 

Dari penelitian tindakan kelas ini daat disimpulkan bahwa penerapan model project based  learning dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V SDN 1 Jenarwetan pada pembelajaran  IPA materi suhu dan kalor.  

Kata kunci : keaktifan, suhu dan kalor, model project based learning 



Posting Komentar

0 Komentar