Ticker

6/recent/ticker-posts

Penilaian Lomba Mendongeng PGRI Kabupaten Purworejo

Penilaian Lomba Mendongeng SLCC PGRI Kabupaten Purworejo


           

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 76 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2021, PGRI Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Lomba Kreativitas Guru dan Siswa. Lomba yang doselenggarakan ada tiga macam, yaitu Lomba Vlog dan Mendongeng untuk siswa dan Lomba KarismaTIK untuk guru. Setelah melalui proses pendaftaran, pengiriman karya, dan penilaian pada hari Kamis tanggal 18 November 2021 telah diumumkan 6 finalis lomba KarismaTIK. Keenam finalis tersebut akan kembali berlaga pada final yang diselenggarakan secara luring pada Senin-Selasa tanggal 22-23 November 2021 yang bertempat di SMA Negeri 1 Purworejo.

            Untuk Lomba Mendongeng cerita rakyat daerah Purworejo sampai pada tahap penjurian. Kemarin, hari Jumat tanggal 19 November 2021 dilaksanakan upacara pembukaan penjurian lomba mendongeng yang bertempat di CafĂ© and Resto Satria Bogowonto. Hadir dalam upacara pembukaan tersebut Ketua PGRI Kabupaten Purworejo dan beberapa pengurusnya. Hadir pula tiga juri lomba mendongeng, yaitu Soekoso DM, Eko Sutopo, dan Okta Adetya yang mumpuni dalam bidang masing-masing. Seperti diketahui sebelumnya bahwa materi lomba mendongeng PGRI Kabupaten Purworejo adalah cerita rakyat yang bermuatan kearifan lokal Kabupaten Purworejo yang mengandung nilai perjuangan, kepahlawanan, atau legenda yang membangun pendidikan karakter.

            Dalam laporannya, Ika Mery Widharningsih selaku ketua panitia sekaligus Kabid Pengembangan Karir menyampaikan bahwa peserta lomba mendongeng PGRI ini diikuti sebanyak 33 peserta kategori TK-SD dan 20 peserta kategori SMP-SMA. Dikarenakan masih masa pandemi maka lomba mendongeng dilakukan secara virtual atau melalui pengiriman video. “Kejuaraan lomba mendongeng akan diambil juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 untuk setiap kategori,” tutup Ika Mery dalam laporannya.


           

Irianto Gunawan, S.Pd. selaku Ketua PGRI Kabupaten Purworejo dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besar kepada segenap panitia dan juga pemilik Coffee dan Resto Satria Bogowonto yang telah mendukung terselenggaranya penilaian lomba mendongeng. Harapannya lomba dongeng ini akan membawa pengaruh yang besar terhadap siswa, guru, dan masyarakat kearah yang positif. ”Saya juga berharap penilaian lomba mendongeng dengan juri-juri yang qualified ini dapat menentukan juara-juara yang sesungguhnya,” tuturnya. Setelah menyampaikan ucapan terima kasih dan harapannya, Irianto Gunawan membuka secara resmi penilaian lomba mendongeng PGRI Kabupaten Purworejo.

    


        Acara berikutnya adalah sesi foto bersama dari seluruh yang hadir mulai dari Ketua PGRI Purworejo beserta pengurus, dewan juri, dan segenap panitia. Setelah acara ramah tamah, acara dilanjutkan dengan penilaian video mendongeng oleh dewan juri dengan cara menampilkan video satu persatu untuk dinilai menggunakan lembar penilaian yang telah disediakan. Proses penilaian lomba mendongeng dilaksanakan dalam dua hari yaitu Jumat dan Sabtu, tanggal 19-20 November ini. Semoga penilaian lomba mendongeng ini berjalan lancar
dan menghasilkan juara-juara yang sesungguhnya. (WNW).



 

 

 

           




 

Posting Komentar

0 Komentar