Ticker

6/recent/ticker-posts

SLCC PGRI Purworejo Luncurkan Program Siaran Pendidikan "BdR"


     Berdasarkan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Purworejo perihal Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021, disampaikan bahwa KBM semester genap ini dengan Daring (Dalam Jaringan), Luring (Luar Jaringan), dan Konsultasi Terprogram. Hal ini dapat diartikan bahwa pembelajaran di satuan pendidikan belum secara tatap muka seutuhnya. Apabila suatu satuan pendidikan akan melaksanakan Konsultasi Terprogram pun harus dengan mematuhi protokol kesehatan ketat, dengan salah satunya membatasi jumlah peserta didik yang boleh berkonsultasi ke sekolah setiap harinya. Hal ini menyebabkan peserta didik paling banyak tiga hari dalam seminggu dapat ke sekolah. Selebihnya peserta didik harus belajar dari rumah dengan sistem daring atau luring.

    Untuk menyikapi dan menjawab kebutuhan peserta didik dan orang tua, maka SLCC PGRI Kabupaten Purworejo meluncurkan Program Siaran Pendidikan "BdR" Belajar dari Rumah yang dikemas secara virtual atau online dan disiarkan secara live streaming youtube. Menurut Ika Mery Widharningsih,S.Pd. selaku Ketua Bidang Pengembangan Karir yang membawahi SLCC, mengatakan bahwa program BdR ini diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dan membantu orang tua dalam mendampingi anaknya belajar dimasa pandemi. 
"Program BdR ini juga selaras dengan tujuan utama SLCC yaitu meningkatkan dan mengembangkan keterampilan, kompetensi, dan kualifikasi guru dibidang pedagogi cyber dan soft skill, dimana guru harus dapat mengoptimalkan pembelajaran, memanfaatkan kemajuan teknologi, dan tidak lagi terbatas oleh ruang kelas," tuturnya menjelaskan.

       Program Siaran Pendidikan "BdR" Belajar dari Rumah bersama SLCC PGRI Kabupaten Purworejo ini pertama diluncurkan pada hari Rabu, 20 Januari 2020 yang dibuka dan diresmikan secara virtual oleh beliau Bapak Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd.,M.Si dari PGRI Propinsi Jawa Tengah. Hadir pula secara virtual beliau Bapak Drs. Tamsir Marsudi Utomo, M.M selaku wakil ketua PGRI Purworejo. 

"Selamat kepada seluruh peserta didik di wilayah Purworejo karena adanya fasilitas BdR dari SLCC PGRI Purworejo dan ini merupakan pioner di tingkat PGRI Propinsi Jawa Tengah," tutur Dr. Saptono. Selain itu Drs. Tamsir juga mengungkapkan bahwa SLCC PGRI Purworejo berusaha memberikan layanan pendidikan di semua jenjang mulai dari TK/RA, SD, SMP/MTs, dan SMA/MA.

       

        Adapun pengajar dalam Program Siaran Pendidikan "BdR" Belajar dari Rumah bersama SLCC PGRI Kabupaten Purworejo ini adalah guru-guru baik PNS maupun Non PNS mulai dari tingkat TK/RA hingga SMA/MA di wilayah Kabupaten Purworejo yang mempunyai komitmen untuk berbagi dan memberi manfaat demi kemajuan pendidikan meski di tengah pandemi. Teknis pelaksanaan Program BdR ini adalah pengajar menyiapkan materi dalam bentuk powerpoint untuk disampaikan kepada peserta didik melalui share screen aplikasi zoom meeting yang telah dibuka oleh tim SLCC.  Kegiatan ini juga langsung dapat disaksikan oleh peserta didik, orang tua, guru, dan juga masyarakat pada umumnya karena juga disiarkan secara langsung atau live streaming di kanal youtube SLCC PGRI Purworejo. Peserta didik juga dapat dengan aktif mengajukan pertanyaan atau aktif menjawab pertanyaan melalui kolom live chat pada youtube. Lalu pengajar juga menyimak dan akan merespon secara langsung chat atau komentar tersebut. Hal ini menjadikan pembelajaran tetap aktif dan dari dua arah.
      Sejak pertama diluncurkan pada tanggal 20 Januari 2021 untuk sesi 1 hingga saat berita ini diturunkan, Program BdR SLCC PGRI Kabupaten Purworejo telah mencapai sesi 10. Adapun cakupan materi menyesuaikan dengan materi pelajaran semester 2 di semua jenjang yaitu TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Untuk mengetahui jadwal dan materi BdR, tim SLCC membuat flyer dan jadwal kegiatan yang di unggah di berbagai media sosial sehingga diharapkan program ini dapat diketahui dan dirasakan manfaatnya. Program ini berjalan bukan tanpa kendala. Kendala yang dialami lebih kepada teknis karena program BdR berlangsung secara live, sehingga terkadang ada sedikit keterlambatan saat memulai live streaming
" Tetapi karena kerjasama Tim SLCC yang solid kendala ini dapat segera teratasi dan semoga program ini dapat memberikan manfaat secara luas terutama dibidang pendidikan," tutup Ika Mery dalam suatu kesempatan.

Berikut jadwal dan materi Program Siaran Pendidikan "BdR" Belajar dari Rumah bersama SLCC PGRI Kabupaten Purworejo untuk minggu pertama bulan Februari 2021.


Bagi bapak atau ibu guru yang berkenan untuk menjadi pengajar pada Program Siaran Pendidikan "BdR" SLCC ini untuk dapat menghubungi Tim SLCC PGRI Purworejo dengan CP. 081328839822. Semoga kita semua dapat lebih bisa menebar manfaat diberbagai bidang, khususnya dunia pendidikan. (WNW*)
            

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Luarr biasa, semoga SLCC PGRI Purworejo semakin sukses. Aamiin

    BalasHapus
  2. Semoga SLCC PGRI Purworejo semakin berkembang dan memberikan manfaat di dunia pendidikan

    BalasHapus
  3. Semoga melalui SLCC dapat lebih menebar manfaat

    BalasHapus