Ticker

6/recent/ticker-posts

Diklat Pengajar BdR dan Peci Si Bima

 

PGRI Kabupaten Purworejo Adakan Diklat Peningkatan Kompetensi Guru dalam PJJ

 

 

 

 

 

 

 


            Dalam rangka melaksanakan dan memfasilitasi pengembangan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan dalam penyelenggaraan Pembelajaran Jarak Jauh dalam masa pandemi Covid-19, PGRI Kabupaten Purworejo menyelenggarakan sebuah kegiatan diklat. Kegiatan yang bertajuk Diklat Peningkatan Kompetensi Guru dalam PJJ Era Pandemi Covid-19 ini mengusung tema “Guru Sebagai Penggerak Perubahan dalam Masa Pandemi”. Diklat tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 – 30 Oktober 2021 secara daring via zoom dan dilanjutkan tanggal 1 – 5 November 2021 secara luring untuk tugas mandiri.

Dalam sambutannya Ketua PGRI Kabupaten Purworejo, Irianto Gunawan, S.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan diklat ini sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru selama PJJ agar guru mampu menjadi penggerak perubahan dalam masa pandemi. “Diklat ini juga sebagai langkah nyata apresiasi PGRI Kabupaten Purworejo kepada seluruh pengajar BDR dalam Program Si BIMA yang selama 1 semester kemarin sudah mendedikasikan diri menjadi pengajar Si BIMA,” tuturnya bangga. Selain itu, Ika Mery Widharningsih, S.Pd. selaku Kabid Pengembangan Karier PGRI Kabupaten Purworejo dalam laporannya menuturkan, “Peserta dalam diklat ini adalah guru-guru TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA yang tergabung sebagai pengajar Program Si BIMA dan berjumlah 96 guru.” “Melalui diklat ini semoga semua pengajar Si Bima dapat meningkatkan kompetensinya dan Program Si Bima dapat lebih eksis lagi mencerdaskan anak bangsa,” imbuhnya.

Adapun materi dalam Diklat Peningkatan Kompetensi Guru dalam PJJ ini meliputi Public Speaking, Media Interaktif PJJ, Pemanfaatan Canva for Education, dan PPT Interaktif untuk PJJ. Narasumber dalam diklat ini adalah guru-guru di wilayah Purworejo yang handal di bidangnya. Para narasumber tersebut adalah Sunardi, S.Pd., M.Pd. (guru SMAN 1 Purworejo), Trisni Atmawati, S.Si., M.Si. (guru SMAN 1 Purworejo), Nita Widyanti, S.Pd. (guru SDN 2 Gintungan), dan Indah Puspita Ningrum, M.Pd. (guru SDN 2 Bruno).

Diklat yang diselenggarakan secara gratis oleh PGRI Kabupaten Purworejo ini tetap menyajikan materi yang berkualitas dan dapat diterapkan dalam pembelajaran selama pandemi. Setelah para peserta mendapatkan materi diklat, mereka diharuskan untuk membuat dan mengunggah karya berupa materi ajar yang menarik dengan menggunakan Canva atau berupa PPT Interaktif dan video testimoni sebagai pengajar BDR Si BIMA. Peserta akan mendapatkan sertifikat 32 jam setelah mengikuti sesi daring dan luring, mengisi link absen diklat, serta mengunggah karya dalam batas waktu maksimal tanggal 5 November 2021.  (WNW)

Posting Komentar

2 Komentar